The Raid Sukses Harumkan Perfilman Indonesia

Setelah sukses dengan film Merantau Warrior, kini film yang disutradarai oleh Gareth Evans, diproduseri oleh Arie Sugantoro dan dibintangi oleh Iko Uwais, Ray Sahetapy, Pierre Gruno dan Donny Alamsyah ini sukses besar di perfilman internasional. Bagaimana tidak, film yang sebelumnya akan diberi judul dengan "Serbuan Maut" ini tembus di box office Amerika Serikat dan Inggris. Selain itu, The Raid juga tembus 1 juta penonton di Indonesia dan berada di peringkat 11 di Hollywood! *So proud to be Indonesian.* :'D

Film The Raid: Redemption merupakan hasil karya anak Indonesia. Mulai dari pendataan hingga pendanaan semua berasal dari Indonesia. Hampir semua crew film yang terlibat merupakan anak-anak bangsa Indonesia (kecuali sutradara). Film ini secara resmi rilis pada tanggal 23 Maret 2012 dan diputar serentak di bioskop-bioskop seluruh Indonesia dan US. Di Indonesia film ini tayang serentak di 82 bioskop yang tersebar di sejumlah kota-kota besar seperti, Jakarta, Jogjakarta, Surabaya, Medan dan sekitarnya. Sementara di luar negeri, film ini tayang serentak di Amerika Serikat, Kanada dan Australia dan beberapa negara lainnya.

The Raid akhirnya sukses meraup pendapatan sebesar 220.937 dollar Amerika di 24 bioskop dengan rata-rata pendapatan tiap lokasi sebesar 15.181 dollar Amerika atau sekitar 144 juta rupiah sejak pemutarannya pada tanggal 23 Maret lalu. The Raid juga terbukti mampu bersaing dengan film sekelas Hunger Games dalam jadwal penayangan yang bersamaan. Selain itu, terdapat video game The Raid yang diciptakan oleh anak-anak bandung yang terinspirasi dari film The Raid: Redemption ini. Video games tersebut diberi judul Hallway Raid, karena terinspirasi dari adegan perkelahian di lorong apartemen yang terdapat pada trailer The Raid. Video games ini dapat dimainkan disini dan dapat diunduh disini.


Berikut trailer dari The Raid: Redemption,


0 komentar: